Rabu, 08 Desember 2010

TEORI ORGANISASI UMUM

TULISAN MISS COMMUNICATION

MISS COMMUNICATION

MISS COMUNICATION

Miss communication adalah kesalahan dalam berkomunikasi, atau gagal berkomunikasai yang disebabkan oleh kekeliruan pemahaman sehingga menimbulkan perbedaan persepsi.
Jika kita perhatikan, begitu banyak masalah yang timbul akibat kurang atau tidak lancarnya komunikasi. Masalah ini juga timbul antara resources (mind, body and heart) dalam diri kita sendiri, Kurangnya komunikasi juga sering kita temui sebagai pemicu keretakan rumah tangga, perselisihan antara orang tua dan remaja, perlawanan buruh terhadap majikan, demonstrasi rakyat terhadap pemerintah, bahkan kurangnya komunikasi dalam hubungan dengan Tuhan (transendetal relationship) menyebabkan hilangnya arah dan makna kehidupan. Akibat yang ditimbulkan dapat berupa kerusakan yang dashyat jika masalah komunikasi ini tidak segera diatasi. Dalam lingkungan kerja sekalipun, komunikasi yang terhambat antara pelaku organisasi dapat menimbulkan kerugian baik dari sisi biaya dan waktu (efisiensi) maupun dari sisi pencapaian tujuan (efektifitas).

Beberapa aspek yang mendukung lancarnya komunikasi adalah terkait pada pribadi masing-masing, diantaranya adalah Empati dan Trust. Empati adalah kemampuan kita untuk dapat mendengar dan merasakan apa yang sedang dibicarakan, difikirkan dan dirasakan oleh lawan bicara kita. Kemampuan berempati adalah berbeda pada setiap orang namun dapat dilatih dan dipelajari.Jadi agar terhindar dari Miss Comunication kita harus lebih berempati, mendengar dan lebih bersabar.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar